Cara Hemat Biaya Liburan ke Amerika

Tiket ke New York roundtrip cuma 11 juta?! Belilah, Gret! Murah banget itu, pas high season lagi.”

Kurang lebih begitulah reaksi temen-temen pas gue konsultasi harga tiket untuk trip pertama gue ke Amerika. Siapa sih yang enggak mau jalan-jalan ke New York pas lagi Christmas dan Tahun baru, romantis bareng sama pacar liat pohon natal di Rockefeller center, main ice skating di Central Park, nonton Broadway? Inilah kenapa alasan gue sebenernya enggak bisa memutuskan sendirian soal travel seperti ini. Kadang terlalu idealis, tergiur tiket murah dan kurang berpikir panjang. Memang tiket gue murah tapi namanya New York, pas lagi natalan a.k.a one of the biggest holiday of the year, kantong backpacker gue terkuras luluh lantak buat bayar makan dan akomodasi.

Was it worth it though? I would said “A THOUSAND TIMES, YES” for personal reason, and because it’s NEW YORK. Jadi buat kalian yang kepengen juga jalan-jalan ke Amerika, biarpun masih nabung atau masih mimpi-mimpi dulu nih, I’m going to share some tips yang bisa membantu kalian untuk mempersiapkan biaya perjalanan ke Amerika dan tidak mengulangi kesalahan yang gue lakukan.

1. Find The Best time to travel

Kalau pergi ke New York aja bisa cuma 11 juta rupiah untuk pp dari Jakarta, how much lower it can get? Pertama, it depends when are you planning to go dan kedua, tergantung dari kota mana kamu memulai perjalanan kamu. Tiket termurah untuk ke Amerika itu ada di bulan Februari-April. Ini bisa dibilang low seasonnya Amerika dalam setahun. Mulai May, tiket udah mulai menanjak karena memasuki liburan musim panas. Seromantis-romantisnya New York pas winter, tetep aja gue menggigil selama jalan-jalan dan terpaksa harus bolak balik masuk mall atau restaurant untuk menghangatkan diri dari angin -15 degree celsius di luar. brrrr

Spring atau musim semi juga adalah waktu yang baik untuk liburan ke Amerika karena cuacanya masih dingin adem dan buat yang suka nature, harus banget ke National Park seperti Yosemite pas wildflowers-nya lagi blooming. Jadi, siap-siap cari tiket promo di bulan-bulan ini dan simpen jatah cutinya untuk tahun depan. hehe

Nah, untuk para fakir tiket promo, atur strategi dengan pencarian tiket multicity. Jangan hanya cari dari Jakarta saja. Cek juga harga tiket kalau berangkatnya dari Singapore atau Malaysia, bisa juga cari tiket pulangnya yang mampir di salah satu dari kedua opsi tersebut. Sekali mendayung, 2-3 pulau terlewati dan paling penting, biaya tiket perjalanan ke Amerika bisa lebih irit.

2. Be Smart

Be smart disini adalah pintar memilih transportasi, tempat makan, tempat wisata dan tempat tinggal. Amerika itu besar dan luas. Motto gue selama backpacking keliling dunia adalah sekali mendayung, 2-3 pulau terlewati. Belum tentu tahun depan, lo bisa pergi lagi ke Amerika. So if you can stretch your budget to visit more destinations, THEN DO IT. Install semua applikasi yang berguna sebelum kalian memulai perjalanan. Opsi transportasi dari satu kota ke kota yang lain, bukan cuma pesawat koq. Juni lalu, gue ke San Francisco dari Los Angeles naik Megabus, cuma 15 dollar. Dengan bus yang sama, dari Washington DC ke Philadelphia cuma 1 dollar. Yes, you read it right..1 dollar! Philadelphia ke New York, 5 dollar.. uh, WHAT?

Tentu saja perjalanan ini akan memakan waktu yang cukup bikin pantat mati rasa dan badan rontok di jalan. Pilihannya, balik lagi ke kalian. Mau cepat tapi mahal atau lama di jalan tapi irit? If you have more time, you are likely to spend less for your transportation. Setelah sebulan keliling Eropa dan Amerika, I always go for the latter. Kalau kalian punya International Driving License, bisa juga cari mobil yang rental hariannya murah di Airport atau lewat aplikasi Turo.

Untungnya juga, gue bukan tipe yang ribet urusan makanan. Kalau bisa masak sendiri, gue lebih memilih untuk masak aja (read: masak Popmie). Buat kalian yang suka makan di tempat-tempat fancy atau wisata kuliner, siapin budget yang banyak buat makanan. Restaurant-restaurant di Amerika wajib memberikan tambahan tip minimum 15%. Jadi kalau mau irit, silahkan masak sendiri atau beli makanan dari Supermarket. Kalau tau bakal nginep di hostel yang enggak ada tempat masaknya, bawa aja rice cooker mini atau water heater sama roa dan mie gelas dari rumah. Dijamin enggak bakal kelaparan malem-malem.

Tempat wisata yang patut dikunjungi gak semua harus bayar koq. Rajin-rajin browsing dan baca local insights tentang destinations yang akan kamu kunjungi. Karena gue anaknya doyan foto, biasanya sebelum gue ke negara yang belum gue kunjungi, pasti gue dan ngubek-ngubek Instagramnya local bloggers and photographers biar bisa dapet tempat-tempat yang anti mainstream buat di foto. Yang paling penting harus gratisan atau kalau harus bayar, pinter-pinternya kalian cari tour operator local yang bisa kasih diskon.

3. Airbnb vs Hostel vs Hotel

Jawabannya simpel, travel alone = Hostel or Shared Airbnb. Murah, bisa dapet temen baru, bisa exchange info travel juga. Travel with friends? Go for Airbnb. Tergantung dari hostnya, tapi Airbnb bisa menerima tamu lebih dari 2. Kalau kamu travel bareng teman-teman, share costnya bisa jadi lebih murah. Biaya yang dikeluarkan juga bisa lebih irit. Kalian juga bisa masak di kalau memilih tinggal di Airbnb. Semua senang bisa jalan-jalan rame-rame, dompet juga senang.

Jadi berapa nih Gret biaya perjalanan yang perlu gue siapin untuk ke Amerika?

Personally, I would recommend for you to prepare at least 30 jutaan Rupiah untuk 2 minggu. Baca tuh yaa, 30 “jutaan” . Perlu diingat kalau nilai tukar mata uang Rupiah ke Dollar sekarang lagi tinggi-tingginya jadi ada kemungkinan besar, bisa lebih dari itu. Jujur, gue gak terlalu suka travel dengan uang pas-pasan. Selalu sediakan biaya jaga-jaga dan jangan lupa untuk beli travel insurance. Belajar dari pengalaman gue yang terdampar di JFK Airport karena pesawat di cancel karena cuaca buruk. Bayangkan apa yang akan terjadi kalau tidak ada uang jaga-jaga untuk beli tiket pulang, Cerita tentang pengalaman ini akan gue bahas lebih lanjut di post berikutnya.

Good luck yaa dan semoga bisa sukses jalan-jalan ke Amerika 😉

 

Live to the fullest,

Greta

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *